Turun Di ETCC 2000 Novice, Doddy Ingin Buktikan Ketangguhan Mercedes

Keikutsertaannya  dalam balapan Mercedes Benz Club Ina di Sirkuit Sentul karena dirinya tergabung sebagai anggota komunitas tersebut. Dirinya tertantang untuk menguji adrenalin merasa terpanggil untuk ambil bagian dalam balapan One Make Race tersebut.
Namun keikutsertaannya di balapan MBIna tersebut kurang memuaskan hatinya, karena tantangan yang dihadapinya tidak terlalu greget. Dan setelah turun beberapa seri di MBIna klub, akhirnya Doddy Haryanto Kurniawan menjajal balapan lainnya yaitu ETCC (European Touring Car Championship) yang menurutnya lebih bergengsi dengan tingkat adrenalin yang lebih tinggi.
“Bukan hanya itu saja, saya terjun di ETCC karena sebagian besar mobil balap yang dipakai adalah jenis BMW, sedangkan mobil yang aku tunggangi adalah Mercedes Benz W202, Karena itu, saya terpanggil untuk menyaingi perseteruan di arena lintasan dengan pabrikan mobil Eropa lainnya tersebut,” tutur Doddy yang baru turun di Kelas Novice ETCC 2000 pada seri keenam tersebut.
Hasratnya untuk tampil di ETCC boleh dikatakan spontan dan tidak terencanakan secara matang sebelumnya. Karena itu, Doddy mengaku hanya mempersiapkan mobilnya selama empat hari secara lembur jelang balapan seri keenam ETCC 2000. “Walaupun hanya empat hari persiapannya, Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan balapan hingga finish,” ungkap Doddy.
Baginya, ETCC merupakan kelas bergengsi karena sudah masuk ke dalam kategori Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Terlebih lagi di ETCC mayoritas diikuti oleh klub-klub motorsport yang berkualitas. Berbeda dengan MB Ina yang mayoritas di isi oleh club-club komunitas Mercedes Benz.
Jelang seri ketujuh atau terakhir yang akan digelar di Sirkuit BSD bulan Desember mendatang, Doddy juga akan turun di kelas Novice ETCC 2000 dan juga MB Ina Championship. Persiapan lebih matang juga akan dilakukannya dengan meng upgrade mesin, header dan kaki-kaki, “Mengingat lintasan sirkuit BSD jauh lebih ekstrim dibandingkan Sirkuit Sentul,” tukasnya.
Untuk tahun depan, Doddy menargetkan tampil sebagai juara umum ETCC 2000 Novice, tentu saja hal ini tidak akan mudah diraihnya mengingat lawan-lawan yang akan dihadapinya juga menargetkan hal yang sama. Oleh sebab itu, Doddy akan kembali dengan mobil yang sama tetapi dengan perubahan-perubahan yang signifikan, untuk memuluskan targetnya menjadi juara umum Kelas Novice 2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *