Mercedes W211, Satu-Satunya Mobil Balap Bertransmisi Matic Di ETCC 3000

Dalam balapan European Touring Championship Car (ETCC) 3000 yang digelar di Sirkuit Sentul akhir pekan lalu, ada yang terbilang unik, yaitu Mercedes Benz W211 karena masih mengadopsi transmisi matic triptonik yang sesuai dengan pabrikannya. “Biasanya transmisi matic triptonik ini hanya dipakai sebagai mobil harian, namun baru kali ini diterjunkan di lintasan balap,” ujar sang pembalapnya, Arie Kesuma usai balapan di Sirkuit Sentul.
Dalam seri keenam ETCC 3000 Novice, Arie tidak mampu menyelesaikan balapan karena harus keluar lintasan pada lap kedelapan. Hal ini disebabkan adanya kebocoran pada radiator yang mengalami benturan pada sesi latihan tidak terdeteksi saat balapan.
Arie sendiri merupakan punggawa dari Bengkel Aumos yang melakukan oprekan pada W211. Namun karena pembalap aslinya yaitu M. Fahri tidak bisa turun karena kondisi badan yang kurang sehat, membuatnya berinisiatif untuk terjun langsung sebagai pembalap cadangan.
“Walapun sebagai pembalap pengganti, saya sudah hapal dengan kondisi mobil yang memang kesehariannya dibengkel untuk pembenahannya. Dan meskipun dengan transmisi matic, bukan masalah bagi saya karena kondisi mobil memang sudah sesuai dengan spesifikasi balap,” tukas Arie yang lebih dikenal dengan nama Arie Aumos.
Tahun 2019 mendatang, Arie juga sedang mempersiapkan mobil agar bisa tampil di ETCC 3000 Promotion dan dirinya sendiri yang akan menungganginya langsung. Dipilihnya ETCC karena sistem kekeluargaannya sangat kuat, tidak ada yang menampilkan egois nya masing-masing. Dan seluruh pembalap dibuat happy oleh pihak ETCC.
“Apalagi di ETCC ini kesempatan untuk menang dan mendapat trophy jauh lebih besar dibandingkan dengan kelas lainnya yang hanya memberikan trophy kepada pemenang 1,2 dan 3 saja. Sedangkan untuk ETCC seluruh pembalap yang juara maupun tidak juara pasti naik podium dan mendapatkan trophy. Pastinya trophy ini yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi pembalap ETCC,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *