Alexander Terobsesi Jejak Sang Adik Turun Di ETCC 3000 

Menemani sang adik yaitu Posma Panggabean yang terjun di Kelas Pro ETCC 3000 sejak 4-5 tahun, membuat sang kakak Alexander Panggabean terpanggil untuk ambil bagian di ETCC 3000 meskipun di kelas berbeda yaitu Novice. Terlebih lagi, keikutsertaannya di BMWCCI sejak seri pertama hingga keempat di tahun 2018 harus terhenti karena sesuatu hal.
Posma mengaku, mobilnya yang dipakai di kelas Novice ini yaitu BMW E67 awalnya dipersiapkan oleh adiknya Posma untuk turun di Sirkuit BSD yang rencananya digelar di bulan November. Namun karena Sirkuit BSD diundur di bulan Desember, akhirnya mobil ini turun di Sirkuit Sentul.
“Mobil hatchback yang terbilang masih standar ini, hanya swap engine dari 1.600 cc menjadi 2.200 cc cocok dipakai di Sirkuit BSD dibandingkan mobil yang digunakan Posma saat ini yaitu BMW Z4 yang terbilang panjang. Namun, karena diundur hingga bulan depan (Desember), Posma menyarankan saya untuk memakai mobil ini di seri keenam di Sirkuit Sentul,” imbuh Alex yang sebelumnya pernah turun empat seri di Kelas BMWCCI.

Pada seri perdana keikutsertaannya atau seri keenam ETCC 3000 Kelas Novice, hasil yang dicapai Alex cukup memuaskan dan mampu menyelesaikan balapan hingga finish. Dari sembilan pembalap yang terjun di Kelas Novice, Alex mampu menempati peringkat kelima dan catatan waktu terbaik 2:04:807 detik.
Padahal sebelum lomba, Alex tidak menargetkan apapun, hanya dirinya akan berusaha tampil maksimal dan memberikan yang terbaik bagi dirinya maupun tim yang dinaunginya saat ini PAG (Privat Auto Garage).
Berhenti dari kelas BMWCCI dan turun di ETCC 3000 Novice ini karena dirinya melihat persaingannya cukup ketat. Terlebih lagi pembalap lain yang di turun kelas Novice ini juga tidak bisa dianggap enteng. Kepiawaian mereka di lintasan sudah sangat teruji dan handal.
“Untuk seri Ketujuh atau terakhir tahun 2018 di Sirkuit BSD nanti, segala persiapan sudah kami lakukan diantaranya akan mengganti gardan dan transmisi mobil yang masih standard dengan yang lebih mumpuni. Serta akan melakukan setting ECU kembali agar performa mesin lebih meningkat,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *