Cara Mudah Menghindari Jalur Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Sejak 1 Agustus 2018 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberlakukan sanksi terhadap para pelanggar peraturan ganjil-genap pada sejumlah ruas jalan di Jakarta. Dan berbeda dengan uji coba peraturan ganjil genap per tanggal 2 Juli 2018 lalu yang sanksinya hanya berupa teguran, sejak awal Agustus kemarin sanksi yang melekat pada peraturan ini sudah diberlakukan secara penuh.

Sesuai dengan Pergub yang mengatur sistem ganjil-genap ini, pengemudi yang tertangkap tangan melanggar peraturan akan dikenai sanksi denda dengan maksimal Rp 500 ribu.

Kabarnya, peraturan ini diterapkan dengan sangat ketat, terlebih di masa-masa pelaksanaan event besar Asian Games 2018.

Nah, untuk menghindari jeratan sanksi tadi, Anda bisa mencari rute alternatif dengan menggunakan aplikasi Waze dan Google Maps. Cara menggunakan dua aplikasi ini pun sangat mudah, Tapi sebelum menggunakannya, pastikan dulu GPS pada perangkat Anda sudah aktif dan terkoneksi dengan internet. Kalaupun belum memiliki aplikasinya, silakan menginstalnya terlebih dulu.

Cara Menggunakan Aplikasi Waze

  1. Buka aplikasi Waze, kemudian sentuh bagian kiri aplikasi Waze hingga muncul tampilan profil dan menu.
  2. Buka menu “setting”, kemudian pilih menu “navigasi”
  3. Pilih menu “license plate restriction” atau “pembatasan pelat nomor” yang ada di bagian paling bawah layar.
  4. Masukkan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan bermotor Anda pada kolom yang tersedia, lalu secara otomatis Waze akan menampilkan rute-rute yang sudah disesuaikan dengan peraturan jalur ganjil-genap.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Maps 

  1. Masukkan lokasi tujuan, lalu pilih menu “setting”dan pilih “route options”.
  2. Setelah muncul rute yang harus dilalui, klik opsi “Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap”.
  3. Tuliskan nomor pelat kendaraan bermotor pada opsi yang tersedia, selanjutnya layar gadget Anda akan menunjukkan rute-rute yang bisa dipilih. (BD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *