Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Baru di Sirkuit Estoril Portugal

Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor lap tercepat di sirkuit balap untuk mobil berpenggerak roda depan. Kali ini, Civic Type R yang dikendarai pembalap WTCR Tiago Monteiro mencetak rekor lap time baru 2 menit 01,84 detik di Sirkuit Estoril, Portugal.

Sirkuit ikonik Estoril memiliki jarak sejauh 4,2 km dengan dua tikungan zig zag, medan berkelok-kelok dan trek lurus yang panjang sehingga pembalap merasakan perubahan kecepatan yang berbeda-beda dalam satu lap.

Civic Type R mampu melibas jalan dengan kombinasi kecepatan tinggi dan handling yang maksimal, didukung mesin VTEC Turbo bertenaga 320 PS, serta suspensi dan steering system yang canggih untuk mempertahankan kestabilan mobil.

Mengenai rekor waktu yang dicatatnya, Tiago Monteiro mengaku tujuannya kesini untuk memecahkan rekor yang dipegang mobil sebelumnya, tapi dia tahu ini bukan hal yang mudah.

“Anda harus sangat percaya diri dengan mobil Anda untuk dapat berlaga di Sirkuit Estoril dan Civic Type R adalah mobil yang sangat bertenaga, halus dan membangkitkan rasa percaya diri sehingga kami bisa memecahkan rekor sebelumnya,” tuturnya.

Menurutnya, Civic Type R sangat stabil dan memiliki sistem pengereman yang efisien, serta didukung kinerja mesin yang sangat baik sehingga pengendara dapat benar-benar merasakan sensasi mengendarai mobil balap. “Ketika memasuki sirkuit, Anda akan lupa bahwa ini adalah mobil yang juga didesain untuk digunakan di jalanan sehari-hari. Mobil ini adalah perwujudan evolusi yang besar dari sisi desain, aerodinamika, suspensi, mesin dan memberikan rasa berkendara yang menyenangkan,” ujarnya.

Rekor lap time di Sirkuit Estoril adalah yang keempat untuk mobil berpenggerak roda depan yang dicatat Honda selama tahun 2018. Sebelumnya, Honda Civic Type R telah mencatat rekor di Sirkuit Silverstone, Spa-Francorchamps dan Magny-Cours GP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *