LOADING

Type to search

Berita Nasional

Ban Hankook, Lebih Laris Di Luar Negeri Dibanding Domestik

Ryan 1 month ago
Share

Dengan lahan seluas 60 hektar di kawasan Cikarang, Bekasi,  PT Hankook Tire Indonesia berencana memperluas pabrik ban di kawasan Cikarang Bekasi menjadi 5 dari 2 tahap yang sudah diselesaikan dan berporeasi. Keberadaan pabrik baru nantinya diharapkan akan menambah kapasitas produksi dan memperluas jangakauan ekspor.

Pabrik Hankook Tire di Indonesia merupakan basis produksi ketujuh dari 8 pabrik Hankook di seluruh dunia, dan memproduksi ban yang diperuntukan untuk mobil penumpang hingga truk dan bus dengan total 32.0000 ban per hari atau sekitar 12 juta ban pertahun. Dengan penambahan pabrik baru nantinya kapasitas produksi meningkat menjadi 20 juta ban mobil per tahun.

Selain pabrik Hankook di Cikarang, 7 pabrik Hankook lainnya ada di Korea Selatan (dua pabrik), Cina (tiga pabrik), Hongaria dan Amerika Serikat yang masing-masing satu pabrik.

Diantara 8 pabrik Hankook di dunia, kontribusi ekspor Indonesia hanya mencapai 10 persen, sehingga pabrik baru nanti direncanakan meningkatkan prosentasi ekspor ban dari Indonesia. Ekspor dari pabrik ban Hankook di Cikarang Bekasi sebanyak 98 persennya adalah untuk kebutuhan ekspor, sementara 8 persennya untuk pasar dalam negeri.

“Untuk dalam negeri kita sudah menyuplai ban untuk Toyota, seperti Agya dan Sienta dan Daihatsu Ayla.  Untuk luar negeri ada Hyundai India, Honda Thailand dan Produa Malaysia,” kata Theonanta Pardede, Supervisor marketing Strategy team Asia Pacific untuk kawasaan Asia Pasifik, Afrika dan Timur Tengah PT Hankook Tire Indonesia di Cikarang belum lama ini.

Sementara itu Hyon Young Seop selaku Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia di waktu bersamaan menjelaskan, ban yang diproduksi menggunakan bahan baku 100% karet lokal Indonesia.

“Jenis ban yang diproduksi oleh Hankook diantaranya adalah Kinergy EX r, Ventus, Dynapro, dan Vantra LT. Ban Ventus diperuntukan untuk mobil-mobil kelas premium, Kinergy EX untuk mobil penumpang biasa, Dynapro  untuk jenis SUV, dan Vantra LT untuk pick up, van dan light truck,” pungkas Seop.

Produk ban yang dihasikan oleh Hankook Tire Indonesia diekspor kekawasan Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia Tenggara dan juga untuk memenuhi permintaan pasar domestik di Indonesia.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *